Muhammad Fauzan
Muhammad Fauzan Gue biasa dipanggil “Ozan” lahir dengan sehat pada tanggal 17 Mei 2000, Gue kuliah di UIN Alauddin Makassar, Jurusan Sistem Informasi. Facebook Twitter Instagram

Perubahan

No comments



Keinginan yang instan

Masa muda, masa di mana semua ingin tercapai dan terwujud secara instan. Tak peduli banyak rintangan, juga kegagalan yang menunggu di suatu sudut jalan. Semoga segera menemukan jati diri. 

Jalan berbatu, langit mendung tidak masalah, semua bisa dilewati apalagi masalah yang hanya berujung rupiah. Bermodalkan yakin dan niat yang bulat semoga takdir membawa ke ujung kesuksesan, karena hanyalah mereka yang yakin lah yang bisa menjinakkan masalah. 

Bermimpi itu mudah, semua orang pasti bisa melakukannya, entah mereka yang sedang benar – benar bermimpi, atau juga mereka yang sedang hilang kosentrasi di siang bolong. 

Pilihlah cara bermimpi yang elegan, yakni bukan hanya sekedar mimpi di kamar, tapi juga wujudkan sampai di mana mimpi itu berada. Wujudkan walaupun tau akan ada banyak masalah yang menghadang. 

Apa itu perubahan

Tak melulu memiliki kendaraan baru, rumah baru, atau juga pacar baru, yang bisa dianggap perubahan. Banyak perubahan yang bisa dilaksanakan tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun. 

Mulai dari hal kecil, seperti kebiasaan, rubah kebiasaan yang dianggap buruk, entah itu bangun siang, ngaret, jarang merawat tubuh, juga cara berbicara. 



Mengapa harus ada perubahan ?

Kita sebagai seorang manusia yang hidup berdampingan dengan manusia juga, harusnya memahami bahwa kita bukanlah satu – satunya manusia di bumi ini. Harus menghargai apa yang baik dan tidak bagi orang lain. 

Memang sulit, tapi jika tidak memulai maka kapan lagi? Setidaknya pahami dirimu sendiri, apa yang kiranya harus dirubah juga dipertahankan. 

Dalam hidup tak melulu berjalan mulus, pasti akan ada masalah yang menuntut kita untuk berubah, atau lingkungan yang memaksa kita untuk beradaptasi. 

Contoh jalan toll, memang mulus jika dilihat sekilas tapi pasti ada 1 atau 2 lubang yang mungkin saja terkena oleh kita, atau bisa saja orang lain. Pastinya menimbulkan kerugian, karena kita membayar untuk mendapat fasilitas senyaman mungkin. 

Disinilah contoh perubahan itu, perubahan menuntut kita untuk menjadi lebih baik, dengan menambal jalan tersebut pastilah akan lebih baik. 

Bagaimana bila ada yang menentang perubahan ?

Perubahan itu selalu ada yang menentang. Di lingkungan manapun entah itu kampus, kantor jelas bahwa ada beberapa “senior” yang tak mau keluar dari zona nyaman. 

Seringkali mereka menganggap anak muda sebagai anak bawang yang harus mengikuti orang – orang yang lebih berpengalaman. Padahal belum tentu mereka yang lebih lama di kantor memiliki keterbukaan pandangan dibanding mereka yang baru masuk kantor. 

Jangan menunggu sesuatu untuk berubah, karena perubahan tak memerlukan sesuatu. 

Perubahan itu tanpa syarat. Tidak ada juga yang akan memberi Anda syarat. Bila ingin kehidupan Anda lebih baik, salah satu syarat itu hanyalah yakin dan bersungguh - sungguh.

Salam merdeka,
Muhammad Fauzan,
On Blogger since, 2020

Toto Parenrengi Muhammad Fauzan
Manusia Merdeka

Muhammad Fauzan
Muhammad Fauzan Gue biasa dipanggil “Ozan” lahir dengan sehat pada tanggal 17 Mei 2000, Gue kuliah di UIN Alauddin Makassar, Jurusan Sistem Informasi. Facebook Twitter Instagram

Comments

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, !