Muhammad Fauzan
Muhammad Fauzan Gue biasa dipanggil “Ozan” lahir dengan sehat pada tanggal 17 Mei 2000, Gue kuliah di UIN Alauddin Makassar, Jurusan Sistem Informasi. Facebook Twitter Instagram

Tips untuk Menulis Postingan Blog yang Memikat

No comments



Tips untuk Menulis Postingan Blog yang Memikat

Pernahkah Anda merasa takut untuk mulai ngeblog karena meragukan kemampuan menulis Anda sendiri? Apakah Anda tidak suka menulis karya ilmiah sewaktu sekolah dulu?

Oh ya, inilah berita baiknya. Membuat postingan blog tidak seperti membuat karya ilmiah untuk kegiatan sekolah. Mungkin Anda tidak menganggap diri sendiri sebagai seorang penulis, tetapi jika Anda bisa menulis email untuk teman, maka Anda bisa membuat postingan blog.

Topik Blog

Topik yang Anda pilih untuk blog tergantung alasan mengapa Anda ingin ngeblog. Apakah Anda ingin menuliskan kegiatan sehari-hari atau kepindahan Anda ke kota atau negara baru – semacam buku harian? Atau apakah Anda ingin berbagi ide dengan teman dan/atau orang asing tentang topik tertentu yang Anda sukai?

Jika ya, maka pikiran Anda sudah siap untuk membuat blog.

Jika Anda bermaksud demikian, tidak terlalu menjadi masalah subjeknya tentang apa – pada akhirnya Anda akan menemukan pembaca yang juga ingin membaca sekaligus berbagi ide tentang topik tersebut. Camkan saja dalam hati bahwa pembaca tidak akan menemukan blog Anda dalam semalam, tetapi kegigihan Anda akhirnya akan berbuah manis.

Jika Anda belum punya blog, klik tombol hijau di bawah ini untuk membuat blog sendiri secara GRATIS.

Buat Blog Gratis di sini!

Cara Membuat Postingan yang Menarik

  • Awali postingan dengan pertanyaan yang bermuara pada cerita yang terhubung dengan konten. Daftar dan fakta berguna untuk mengilustrasikan suatu maksud, tetapi pembaca lebih mungkin mengingat cerita yang menampilkan emosi yang telah pernah dialaminya. Hubungan itu akan menggiringnya kembali untuk membaca postingan-postingan lainnya nanti.
  • Setelah menginjak isi pokok dari postingan, kini alihkan fokus pada pembaca. Dia ingin tahu bagaimana informasi tersebut memengaruhinya, apakah tentang melewati proses perceraian atau cara membuat selimut kapas yang paling bagus.
  • Gunakan kata ganti objek sebanyak mungkin dalam tulisan Anda. Dengan kata lain, gunakan 'Anda' sesering mungkin dan 'saya' sejarang mungkin.
  • Bahkan ketika Anda tengah menggambarkan pengalaman Anda sendiri, cobalah untuk menghindari penggunaan 'saya' sesering mungkin. Misalnya, daripada mengatakan 'Saya menyadari kesalahan saya setelah melihat semua bagian menjadi teratur', lebih baik menulis 'Solusinya menjadi jelas bagi saya setelah semua bagian mulai teratur dengan baik'.

Menghindari Kendala Blogger

Barangkali Anda dapat memikirkan banyak cara untuk memulihkan otak, tetapi berikut ini sebagian dari cara favorit kami.

  • Bangun dan berjalan-jalanlah. Jika sedang turun hujan, setidaknya ubahlah lingkungan Anda selama setengah jam atau lebih. Jangan hanya mengerjakan hal lainnya di komputer.
  • Kerjakan teka-teki menyusun potongan gambar atau hal lain yang membutuhkan konsentrasi.
  • Telepon sahabat dan berbincang-bincanglah tentang apa saja.
  • Pikirkan daftar ide tanpa menyensor diri sendiri.
  • Baca blog-blog lainnya yang mengupas topik Anda untuk mendapatkan ide.
  • Kunjungi Facebook dan tanyakan pada orang-orang apa yang ingin mereka ketahui tentang permasalahan Anda.

Gaya Penulisan Percakapan

Perlu diingat bahwa blog yang Anda buat sebaiknya mesti terdengar seolah-olah Anda tengah menulis atau berbicara pada teman – bukan menulis karya ilmiah untuk pelajaran mengarang bahasa Inggris. Pembaca daring suka memindai daripada membaca setiap kata, dan mereka tidak ingin merasa seakan-akan sedang membaca risalah akademis.

  • Gunakan kalimat dan paragraf pendek.
  • Gunakan sub-heading untuk memberitahukan pada pembaca mengenai topik bagian ini.
  • Gunakan titik bulir.
  • Pakai singkatan-singkatan semisal 'you're' dan 'doesn't' (dalam bahasa Inggris).
  • Pakai kata-kata yang sederhana.


Jangan Menganalisis Terlalu Jauh

Biarkan teks yang Anda ketik agar tidak diotak-atik selama sehari dua hari, lalu Anda baca kembali. Anda mungkin terkejut dengan bagaimana lancarnya teks itu mengalir. Sebaliknya, mungkin Anda akan mendapati bagian-bagian di mana teks itu tidak mengalir dengan lancar setelah Anda membiarkannya untuk sementara waktu.

Buat perubahan dan selanjutnya bacakan dengan lantang.. Ketika Anda membaca teks dengan suara nyaring, akan terlihat pada bagian mana pembaca kesulitan membacanya.

Postingan blog Anda tidak perlu menjadi pemenang Hadiah Pulitzer. Jangan periksa terus-menerus. Buat perubahan yang dibutuhkan, kemudian tekan tombol 'publikasikan', dan mulai menulis postingan selanjutnya.

Siap untuk mulai ngeblog? Klik tombol hijau untuk mulai dengan blog yang mudah dibuat secara GRATIS.

Salam merdeka,
Muhammad Fauzan,
On Blogger since, 2020

Muhammad Fauzan
Muhammad Fauzan Gue biasa dipanggil “Ozan” lahir dengan sehat pada tanggal 17 Mei 2000, Gue kuliah di UIN Alauddin Makassar, Jurusan Sistem Informasi. Facebook Twitter Instagram

Comments

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, !